Bandar303 – ISG Adem Ayem, Penarik Becak pun Sepi Penumpang

Palembang – Tidak seperti perhelatan SEA Games 2011 lalu, perhelatan Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang tidak terdengar ingar-bingarnya. Venue-venue sepi penonton, para penarik becak pun kesulitan mendapatkan penumpang.

Adem-ayemnya atmosfer ISG sudah terlihat sejak memasuki kawasan Jakabaring Sport Center. Tak banyak kerumunan penonton di sejumlah arena pertandingan termasuk Gelora Bumi Sriwijaya. Yang paling banyak terlihat hilir mudik adalah para pelajar yang memang digratiskan dan dikerahkan untuk menonton pertandingan-pertandingan ISG.

Sepinya penonton dan rendahnya animo masyarakat untuk mengikuti ISG dirasakan pula oleh penarik-penarik becak yang mangkal di pintu masuk Jakabaring. Untuk mendapatkan penumpang yang memerlukan jasa antara ke venue, susahnya minta ampun.

Keberadaan para tukang becak itu di kawasan Jakabaring Sport Center bukan cerita baru. Mereka sudah menjadi salah satu alat transportasi utama ketika SEA Games 2011 juga dihajat di ibukota Sumatera Selatan itu. Bahkan kala itu jasa mereka gratis khusus untuk para pemilik ID, seperti atlet, ofisial, dan wartawan peliput.

Nah, kali ini mereka juga mencoba memanfaatkan ISG untuk mengais rezeki. Dengan memakai seragam khusus bertuliskan event dan logo ISG, plus memakai tanda pengenal khusus, para penarik becak itu dapat keluar-masuk kawasan Jakabaring untuk mencari penumpang. Masalahnya, penumpang yang dicari sulit didapat karena memang sepi pengunjung.

“Kami diminta oleh ketua kami untuk mangkal di sini. Tapi kami tidak digaji, kami cuma diperbolehkan cari penumpang. Kami mencari uang sendiri, mencari penumpang sendiri,” tutur penarik becak bernama Herman, saat ditemui detiksport di pintu masuk Jakabaring usai mengantarkan penumpang, Kamis (26/9).

Dia mengaku, sudah hampir setengah hari baru dapat satu pelanggan, padahal dirinya sudah stand by sejak jam 8 pagi. Imbasnya, uang penghasilan yang diharapkan bisa lebih banyak lewat ajang ISG itu ternyata tak tercapai.Next

(ads/a2s)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s