Bandar303 – Juventus, Napoli & Spurs Siap Beraksi

JAKARTA, Bandar Bola – Seiring bergulirnya babak 16 besar Liga Champions yang telah memainkan separuh laganya, kompetisi kasta kedua, Europa League juga dimulai. Sejumlah tim ‘buangan’ Liga Champions akan berjuang untuk menjaga gengsi mereka di pentas Eropa.

Juventus, Napoli , FC Porto dan Ajax Amsterdam adalah beberapa tim yang harus turn kasta akibat gagal bersaing di babak penyisihan grup Liga Champions. Kendati hanya kasta kedua, namun Europa League dipastikan tidak akan mudah buat mereka.

Juventus akan mengawali kiprahnya di babak 32 besar dengan menjamu, Trabzonspor. Mendengar namanya, klub asal Turki ini memang kalah pamor dari Galatasaray atau Fenerbahce. Namun demikian, Trabzonspor tetap tidak bisa dianggap remeh pasukan Antonio Conte.

Trabzonspor diketahui lolos ke babak 32 besar dengan status juara grup. Mereka mampu menyisihkan lawan-lawan cukup berat seperti Lazio. Rekor mereka di musim ini juga cukup mencengangkan di mana tim Trabzonspor tidak terkalahkan dalam 12 laga di Eropa musim ini (9 menang, tiga imbang).

Trabzonspor juga punya rekor baik ketika bertandang ke Italia. Dari tiga lawatan terakhir, Black Sea Storm -julukan Trabzonspor- tidak kalah. Teranyar, mereka menahan imbang Lazio 0-0 di fase grup. Namun, saat ini performa Trabzonspor tengah menurun di kompetisi domestik, di mana mereka hanya menang sekali dari 10 laga terakhir. Kondisi ini memaksa pelatih Mustafa Akcay mengundurkan diri dan kini digantikan Hami Mandirali sebagai pelatih interim.

“Kami akan menghadapi tim yang lolos dengan status juara grup, mengungguli Lazio. Mereka (Trabzonspor) juga punya striker hebat dan pemain hebat seperti Didier (Zokora), (Jose) Bosingwa dan (Florent) Malouda yang sudah banyak malang melintang di Eropa. Kami harus hati-hati,” imbau pelatih Juve, Antonio Conte di situs resmi UEFA.

Selain Juve, wakil Serie A lainnya, Napoli juga harus berhadapan dengan lawan yang cukup tangguh. I Partenopei harus menyambangi markas Swansea City. Ini kali pertama kedua tim bentrok di Eropa.

Tandang ke Wales bukan perkara mudah buat Napoli, meski mereka didampingi pelatih yang sangat mengenal kultur sepakbola di Negeri Ratu Elizabeth, Rafael Benitez. Sejarah mencatat, Napoli tidak pernah menang dalam empat lawatannya ke Inggris.

Partai menarik yang akan tersaji dini hari nanti ialah duel, Tottenham Hotspur kontra Dnipro Dnipropetrovsk. Spurs yang jadi unggulan di kompetisi ini akan bertindak sebagai tamu terlebih dulu.

Skuad arahan Tim Sherwood ini harus tandang ke Ukraina melawan tim yang punya rekor kandang cukup bagus di musim ini. Dnipro memenangi tiga dari empat laga kandang mereka di pentas Eropa musim ini. Belum lagi, Dnipro diarsiteki Juande Ramos yang cukup mengenal karakter permainan Spur, karena sempat jadi pelatih di White Hart Lane pada periode 2007-2008.

Meski demikian, Spurs tetap berada di atas angin lantaran rekor mereka di kompetisi ini juga cukup mentereng. Skuad The Lilywhites mencatatkan delapan kemenangan beruntun di kompetisi Europa League musim ini.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s